Surau TV

Banner

KUA Rambah Komit Lakukan Pembinaan Masjid Secara Kontinu

Wednesday, 11 November 2015 | 13:10:51 WIB


ROKAN HULU- Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Rambah H. Abdurrahman Jailani, MSy,  berkomitmen akan melakukan pembinaan masjid, mushalla dan surau suluk secara kontinu, sebab rumah ini salah media yang paling efektif untuk membina umat.

Informasi ini disampaikan, Kepala KUA Rambah di ruang kerjanya, Rabu (11/11), katanya, untuk lingkungan Kecamatan Rambah, jumlah masjid 58, untuk surau suluk 26, untuk Mushalla hanya bebera unit saja itu di sekitar perkantoran dan pasar.

"Cuma untuk surau-surau Alhidayah itu sama sekali tidak ada memberikan laporan kepada kita, makanya kita tidak mengetahui berapa jumlah surau alhidayah ini untuk di Kecamatan Rambah," uangkapnya.


Pembinaan yang dilakukan, Kepala KUA Rambah berkoordinasi dengan intansi, lembaga dan organisasi lainnya, seperti untuk pembinaan imam-imam masjid dan gharim itu kerja sama dengan Pemkab Rohul melalui para Kepala Desa (Kades) lewat dana Alokasi Dana Desa (ADD), setiap tahunnya.

Lanjutnya, Abdurrahman Jailani, untuk pengalolaan zakat dengan membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masingg-masing masjid, itu dilakukan kerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Rohul.

"Namun menurutnya, kalau sebaiknya pengelolaan managemen masjid khususnya yang ghairu mahdoh itu, harus dilakukan secara kompleksitas yakni masjid itu memiliki pengelolaan bidang, pendidikan,  seperti wirid, remaja, wirid bapak-bapak, wirid ibu-ibuk, punya lembaga pendikan seperti Raudatul Atfal (RA), Tamana Pendidikan Alquran (TPA), Madarsaha Diniyah Awaliyah (MDA), bidang sosial, budaya dan lainnya,  terkoneksi dengan managamen masjid itu masih terpisah-pisah," bebernya.

Dalam dekat ini, sambungnya, ada kerja sama untuk 6 masjid dilakukan sertifikasi lahannya, kerja sama dengan pihak Kepala Kantor  Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan melalaui dana APBN Tahun 2015.

"Kita berharap supaya pembinaan rumah ibadah khususnya masjid terlaksana dengan sebaik mungkin, sehingga pembinaan umat itu bisa terrealisasi secara optimal, namun kita tak luput mohon bimbingan dari Kakan Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan, terkhusus Bupati Rohul Achmad dan organisasi lainnya," pungkasnya. (dpr/Ram)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...